Selasa, 07 Maret 2023

Gerhana Bulan Malam Ini Terjadi Jam Berapa?


Kirakira Jam Berapa Puncak Gerhana Bulan Total Hari Ini? Ini
Kirakira Jam Berapa Puncak Gerhana Bulan Total Hari Ini? Ini from www.moeslimchoice.com

Gerhana Bulan Malam Ini Terjadi Jam Berapa?

Gerhana bulan malam ini akan terjadi pada jam 8 malam waktu Indonesia Timur (WITA). Ini adalah gerhana bulan yang akan terjadi pada bulan Maret 2023. Gerhana bulan adalah fenomena alam yang terjadi ketika bulan berada di antara Bumi dan Matahari, sehingga bagian dari bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Gerhana bulan terjadi karena orbit bulan melingkar di sekitar Bumi.

Gerhana Bulan dan Jenisnya

Ada dua jenis gerhana bulan, yaitu gerhana bulan penuh dan gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan penuh terjadi ketika bulan berada di antara Matahari dan Bumi, dan seluruh permukaan bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Gerhana bulan sebagian terjadi ketika bulan hanya tertutup sebagian oleh bayangan Bumi. Gerhana bulan ini juga disebut Gerhana Bulan Setengah atau Gerhana Bulan Parsial.

Durasi Gerhana Bulan dan Apa yang Akan Terjadi?

Gerhana bulan malam ini akan berlangsung selama sekitar 3 jam, mulai pukul 8 malam hingga jam 11 malam (WITA). Selama gerhana, bulan akan berubah menjadi warna merah atau coklat kemerahan. Bulan akan terlihat berubah bentuk seiring dengan gerhana berlangsung, dan akan kembali ke bentuk normal setelah gerhana berakhir.

Cara Menonton Gerhana Bulan Malam Ini

Untuk menonton gerhana bulan malam ini, Anda harus berada di wilayah Indonesia Timur pada jam 8 malam hingga jam 11 malam. Anda tidak perlu menggunakan alat khusus untuk melihat gerhana, Anda hanya perlu melihat ke langit dan menonton gerhana berlangsung. Sebaiknya cari tempat yang tidak terhalangi oleh bangunan atau pepohonan agar Anda bisa melihat gerhana dengan jelas.

Bagaimana Cara Mengambil Foto Gerhana Bulan?

Untuk mengambil foto gerhana bulan, Anda membutuhkan kamera digital atau DSLR dengan lensa telephoto. Kamera DSLR lebih disarankan karena lebih mudah untuk mengatur pengaturan kamera. Setelah itu, Anda juga harus mengatur pengaturan kamera seperti kecepatan rana, ISO, dan diafragma. Pastikan juga untuk menggunakan tripod agar hasil foto gerhana bulan lebih bagus dan tajam.


0 komentar:

Posting Komentar